Kamis, 26 November 2009

yakin, power supply anda mampu menyuplai daya ke semua komponen PC ?

yakinkah anda kalau power supply yang anda pilih pada saat merakit PC mampu menyuplai daya ke semua komponen ? jangan sampai tak mampu. Nanti PC tak bisa bekerja. disini saya akan bahas cara tahu power supply yang cocok untuk anda.

power supply, si penyalur daya listrik ini mempunyai peranan penting. Tanpanya, komputer cuma kotak metal dan plastik yang harganya muahal. ingat, bukan yang paling penting. sebagai sebuah sistem, komputer terbentuk dari berbagai komponen yang bekerja bahu-membahu. semua komponen penting, kalau salah satu tidak ada tak mungkin komputer bisa dipakai.


Kembali ke power supply yang cocok PC anda. banyak sekali jenis power supply berdasarkan daya yang bisa disediakan. Dari power 500 watt kebawah sampai 500 watt banyak tersedia. jenis power supply tidak bisa dipilih sembarangan loh. mudah sih beli saja yang watt-nya gede misalnya 1000 watt, semua komponen kebagian listrik. tapi apa benar semua komponen perlu daya sebesar itu? power supply dengan watt besar harganya tidak murah loh. kalau power supply watt-nya gede dipakai PC yang komponen nggak butuh nyedot listrik yang banyak misalnya komponen kebanyakan onboard, itu namanya buang- buang uang ( mubazir).
PC_Power_Supply imax]
tapi kalau beli power supply yang watt-nya kecil untuk mengirit uang, sementara komponen yang harus diberi tenaga lumayan besar, PC malah nggak bisa menyala dengan benar.

Jadi, pilih power supply yang sesuai spekfikasi PC. Sesuai di situ berarti lebih besar sedikit dari kebutuhan komponen. Tak perlu bingung untuk mengetahui besarnya daya power supply yang dibutuhkan. nih caranya jumlahkan daya yang dibutuhkan motherboard, prosesor, harddisk, vga card, sound card, dan komponen lain. angka yang didapat itulah daya power supply yang dibutuhkan.( rehat dulu bacanya, ntar baca lagi. OK!!! )

( Yuk lanjut lagi ) bingung cara tahu daya suatu komponen? jangan bingung. caranya mudah. catat semua seluruh perangkat keras yang gunakan terutama perangkat keras yang tercolok ke motherboard, seperti motherboard, memori,prosesor, harddisk, kartu grafis dan kartu suara. dua yang terakhir itu tak perlu didaftarkan.
untitled_cr
Setelah daftar terbuat, kunjungi situs web seperti gambar diatas ini  yaitu : http://www.thermaltake.outervision.com/ . Masukan semua data yang dibutuhkan berdasarkan daftar yang sudah anda dibuat. anda memang perlu  tahu sekilas data teknis perangkat keras yang digunakan, misalnya tipe prosesor sampai sedetail mungkin. jadi, bukan sekedar intel Core  2 Duo saja tapi disebutkan juga secara  spesifik, Intel Core 2 Duo E8600 3333 Mhz . Tenang saja spekfikasi  detail itu bisa dilihat pada kotak yang membungkus perangkat atau anda bisa  mendownload  aplikasi CPU-Z ( www.cpuid.com/cpuz.php ) untuk memberikan informasi detail tentang prosesor yang anda gunakan.

Kalau semua perangkat sudah dimasukan, klik ( calculate ). ok , tunggu sebentar sampai situs web ini kelar menghitung . nah, setelah selesai menghitung situs web akan menyarankan besarnya power supply yang dibutuhkan. biasanya, situs web menganjurkan power supply yang sedikit lebih besar dari kebutuhan. tak apa. memang seharusnya begitu. lebih sedikit tak apa, asal jangan kurang. karena kalau kurang, komputer bisa tak menyala.

Lagipula, power supply yang ngaku – ngaku memiliki daya 500 watt, belum tentu memiliki daya penuh 500 watt. power supply bekerja lebih efisien ketika dipakai 30 sampai 70 persen dari daya maksimumnya. ketika anda menghitung jumlah daya yang dibutuhkan seluruh komponen pada komputer, anda wajib mengkalikan angka itu dengan 1,5 . angka yang anda dapatkan itulah daya power supply yang sebaiknya anda miliki.

O ya!!! ada tambahan dikit, tabel kisaran kebutuhan daya beberapa komponen PC.

             Komponen
     Kisaran Kebutuhan Daya
AGP Video card         30W - 50W
PCI Exspress Video         100W – 250W
Average PCI Card         5W - 10W
DVD/CD-ROM         20W - 30w
Hard Drive         15W - 30W
Case/CPU Fans         3W (ea.)
Motherboard         50W-150W
RAM         15W Per 1GB
Processor         80W - 140W

Sumber : PCplus / hal 26 / edisi 330 / 2009 
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar